Umur Tua Tak Menghalangi Pasutri Jalankan Naik Haji

Umur Tua Tak Menghalangi Pasutri Jalankan Naik Haji – A Kosim serta Irah jadi pasangan calon haji paling tua yang akan pergi beribadah haji dari Kabupaten Bandung Barat (KBB). Suami istri dari Kampung Jalupang, Desa Girimukti, Kecamatan Saguling itu saling berumur 91 tahun.

Kosim lahir pada 20 April 1927, sedang Irah lahir pada 5 Februari 1927. Pasangan yang sudah dikarunia 3 anak, 3 cucu serta 3 buyut ini gagasannya akan pergi pada 23 Juli 2019 akan datang.

Didapati di rumah tinggalnya, A Kosim serta Irah keadaannya masih kelihatan bugar walau usianya hampir mencapai 100 tahun. Seharian, Kosim kerja mengerjakan ladang padi serta jagung kepunyaannya, penampilannya simpel. Kelihatan percikan lumpur penuhi lengan serta pakaiannya. Bicaranya juga masih lugas, walau susunan giginya tidak komplet .

Sedang istrinya, Irah, kerja jadi ibu rumah-tangga. Kadang-kadang dia menolong suaminya mengerjakan ladang.

“Baru didaftarkan haji pada 2012 lalu sesudah uangnya terkumpul, awalannya istri saya dahulu yang di panggil (pergi haji tahun 2018), tetapi sebab ingin bersama, pada akhirnya menanti setahun ,” kata Kosim waktu didapati di tempat tinggalnya, Selasa (9/7/2019).

Untuk mendaftarkan haji, kedua-duanya sudah menabung sepanjang kira-kira 40 tahun. Uang itu didapat hasil dari jual hasil ladang yang tidak sebegitu.

“Terkadang satu hari menabung Rp 5 ribu-10 ribu, terus demikian bersama dengan istri, sampai pada akhirnya alhamdulillah dapat melunasi ongkos haji,” tuturnya.

Rangkaian persiapan juga sudah dikerjakan, seperti ikuti tuntunan di KBIH Batujajar. “Insyaallah, mudah-mudahan disehatkan serta dikuatkan disana. Saat nanti lakukan tawaf asal jangan jauh dari pembimbing barisan,” kata Irah.