Setya Novanto Kembali Kelapas Sukamiskin Karena Berkelakuan Baik

Setya Novanto Kembali Kelapas Sukamiskin Karena Berkelakuan Baik – Terpidana masalah korupsi e-KTP Setya Novanto sudah kembali dari Rutan Gunung Sindur ke Lapas Sukamiskin. Novanto dipandang berperilaku baik sepanjang ‘dihukum’ di Gunung Sindur karena wisata ke toko bangunan elegan di Padalarang.

“Ya memang benar saudara Setya Novanto berdasar surat ketetapan kepala kantor daerah Kemenkum HAM Jawa Barat dipundahkan dari rutan Gunung Sindur ke Lapas Klas 1 Sukamiskin,” sebut Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Selasa (16/7/2019).

Tejo menjelaskan Novanto kembali pada Lapas Sukamiskin semenjak Minggu (14/7). Berarti, bekas Ketua DPR RI itu telah dua hari ada di Lapas Sukamiskin.

Menurut Tejo, kembalinya Novanto ke Lapas Sukamiskin ini berdasar surat dari Kanwil Kemenkum HAM Jawa barat. Dalam suratnya, ada banyak alasan yang membuat Novanto dikembalikan ke Sukamiskin.

“Yang mana dari surat ketetapan itu ada banyak alasan pertama penuhi ketentuan administratif serta substantif,” tuturnya.

Novanto sendiri terhitung baru satu bulan mendekam di Rutan Gunung Sindur. Sudah diketahui, Novanto dipindahkan ke Gunung Sindur pada 14 Juni 2019 malam. Waktu itu, Kanwil Kemenkum HAM menindak langsung Novanto yang didapati wisata ke toko bangunan elegan di Padalarang.