Pembajakan kapal KM Mina Sejati Sukses Diamankan TNI

Pembajakan kapal KM Mina Sejati Sukses Diamankan TNI – Panglima Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan menjelaskan sudah sukses dekati serta berusaha berkomunikasi dengan ABK KM Mina Sejati yang disangka dibajak di perairan Laut Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, persisnya pada tempat 06 59,500 133 07,300 S.

“Sesudah terima laporan dari Pangklalan Penting TNI Angkatan Laut (Lantamal) X Ambon jika kapal itu disangka dibajak oleh ABK kapal tersebut pada Sabtu (17/8/2019) malam saya langsung memerintah pada Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rahmad Wahyudi serta Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada III Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi supaya mengerahkan unsur-unsurnya yang paling dekat sama tempat insiden,” kata Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan di Sorong, Papua, Senin (19/8/2019) seperti diambil dari Di antara.

Ia menjelaskan, kapal perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Lada-521 yang ada dekat tempat insiden pada Minggu (18/8/2019) ditugaskan sukses dekati serta berusaha berkomunikasi dengan ABK KM Mina Sejati.

“KRI Teluk Lada-521 yang dikomandani Letkol Laut (P) Gunawan Hutauruk berusaha secepat-cepatnya amankan KM Mina Sejati walau cuaca kurang baik serta ombak laut yang tinggi dengan kontak radio serta isyarat lampu, tetapi belumlah ada tanggapan dari ABK KM Mina Sejati,” tutur ia.

KM Mina Sejati yang disangka dibajak itu awalannya berlangsung kejadian pertikaian di antara sama-sama ABK. Akibatnya karena kejadian itu, 13 orang ABK selamatkan diri dengan menyeburkan ke laut.

Sekitar dua orang salah satunya wafat serta 11 orang selamat serta dievakuasi oleh KM Samudera Cemerlang serta KM Terus Jaya yang kebetulan ada di seputar tempat insiden.

Dari info 11 orang ABK yang selamat mengemukakan jika tiga orang ABK kuasai kapal dengan bawa senjata tajam berbentuk pedang serta parang serta menyandera 20 orang ABK lainnya.

Sesaat 13 orang ABK KM Mina Sejati yang ada di KM Samudera Cemerlang, diantaranya 11 orang selamat serta dua orang wafat ada di KM Terus Jaya.