Lurah Daerah Kalisari Tertibkan Rumah Yang Tak Mempunyai IMB

Lurah Daerah Kalisari Tertibkan Rumah Yang Tak Mempunyai IMB – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyuruh Lurah Kalisari, Jakarta Timur, periksa rumah-rumah tidak ber-IMB di daerah yang longsor. Anies menuturkan kontrol itu dijalankan sebelum Pemprov DKI kerjakan penertiban.

“Jadi barusan saya instruksikan pada lurah buat kerjakan kontrol pada semua rumah yang ada ditepi tebing itu. Serta yang pastinya tempat itu tempat hijau yang tidak mestinya dibuat rumah serta dapat diyakinkan semua tidak miliki IMB itu,” kata Anies di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).
Anies memaparkan laporan dari lurah bakal dilakukan tindakan. Ia menyebutkan rumah yang tidak miliki IMB bakal ditertibkan.

“Jadi kami bakal nantikan laporan dari pak lurahnya. Selanjutnya, kelak kami bakal melakukan penertiban serta ini soalnya bab resiko,” papar Anies.

Eks Mendikbud itu ikut menuturkan tidak ada gagasan Pemprov DKI merelokasi masyarakat yang tempat tinggalnya ditertibkan kelak. Dikarenakan, sambung Anies, masyarakat yang saat ini tinggal di daerah yang longsor itu sesungguhnya sadar tempat tinggalnya riskan.

“Tidak (relokasi). Ini orang bisa. Mereka tinggal disana lumayan baik. Jadi kelak tinggal dimusyawarahkan. Pastilah mereka ikut tak ingin tinggal dalam tempat yang beresiko,” tuturnya.

Awal mulanya, Anies memiliki rencana membuka rumah-rumah yang tidak mempunyai IMB di daerah yang longsor. Langkah itu diambil sebab pembangunan rumah dijalankan di tempat hijau.

“Rumah-rumah yang ada di pinggir-pinggir tanggul bakal kami kajian, bakal kami audit semua. Apabila tempat ini yaitu tempat beresiko, jadi bangunan-bangunan itu mesti dibongkar, jika tidak malahan beresiko,” kata Anies di Jalan Pesona Kalisari, Jakarta Timur, pagi barusan.